Selamat datang di
Regamtho Blog. setelah melihat-lihat isi dari blog ini jangan lupa tinggalkan komentar, saran atau kritik anda demi penyempurnaan blog ini kedepan..
Terima Kasih

Tuesday, February 14, 2012

profil pulau maitara dalam uang seribu




Pulau Maitara merupakan salah satu wilayah yang terdapat pada Kecamatan Tidore utara Kota Tidore Kepulauan. Pulau Maitara memiliki dua Desa dan empat anak desa (Dusun) yaitu Desa Maitara dan Desa Maitara Selatan. Desa Maitara memiliki dua anak dusun yaitu Dusun Doe-doe dan Dusun Akebai, demikian halnya dengan Desa Maitara selatan yang juga memiliki dua anak dusun, yaitu Dusun Ngusulenge dan Dusun Pasimayou. Rata-rata penduduk Pulau Maitara bermata pencaharian sebagai nelayan. Jumlah penduduk perbulan September 2008 adalah 1.774 jiwa atau 300 kepala keluarga.
             Bentuk Pulau Maitara relatif berbentuk bulat yang memiliki keliling kurang lebih 6 Km, dimana sepanjang garis pantai memiliki substrat penyusun pantai yang berbeda. Profil pantai berbatu dijumpai pada bagian utara dan barat pulau ini, sedangkan profil pantai berpasir dijumpai pada sepanjang pantai antara selat Pulau Maitara dan pesisir pantai Kelurahan Rum (Pulau Tidore). Pada sisi lain dengan dengan morfologi daratan yang berbukit, mengakibatkan ruang aktifitas masyarakat di Pulau Maitara terkonsentrasi di sepanjang garis pantai.
            Masyarakat yang mendiami Pulau Maitara umumnya berasal dari suku Tidore, Makian, Bugis dan lain-lain. Aktifitas keseharian masyarakat Desa Maitara tidak berbeda dengan aktifitas masyarakat pulau kecil lainnya di wilayah Kota Tidore Kepulauan dengan bermata pencaharian sebagai nelayan,petani/berkebun, peternak dan wiraswasta.

No comments:

Post a Comment