Selamat datang di
Regamtho Blog. setelah melihat-lihat isi dari blog ini jangan lupa tinggalkan komentar, saran atau kritik anda demi penyempurnaan blog ini kedepan..
Terima Kasih

Saturday, July 7, 2012

Belajar mengenal ikan karang secara visual

Tulisan ini hanyalah merupakan pengetahuan sangat mendasar dan dimaksudkan untuk pengenalan awal mengenai ikan karang, bagi teman-teman yang ingin  mengenal lebih lanjut mengenai ikan karang saya anjurkan untuk membaca lebih banyak buku-buku  maupun referensi-referensi lainnya yang berkaitan dengan ikan karang
Kesan pertama yang diperoleh oleh seorang penyelam di perairan terumbu  karang ialah terpesona dengan hewan-hewan laut yang beragam dan paling menarik dengan gerakannya yang lincah.  
Patut dicatat disini bahwa bukan hanya jenis ikan-ikan karang tersebut yang beragam, tetapi tingkah laku dan interaksi di antara ikan-ikan karang tersebut juga sangat bermacam-macam, sehingga menarik untuk diamati.
Tahap awal di dalam melakukan pengamatan terhadap ikan karang ialah mulai mengenal dan membandingkan pada tingkat suku, setelah itu baru melakukan identifikasi ke tingkat yang lebih sulit yaitu mengenali tiap spesies/jenis.   
          Namun sebelum memulai pengamatan, kita harus dapat terlebih dahulu menemukan ikan-ikan karang tersebut.  Untuk itu menemukannya, kita perlu mengetahui  habitat dari masing-masing kelompok ikan yang akan kita amati (apakah itu di pasir, karang, di bawah karang, lamun, batu, permukaan dan dasar), dan cara hidup mereka (apakah soliter, berpasangan, bergerombol).  Yang penting pula dicatat ialah periode aktif mencari makan dari ikan-ikan tersebut. Apabila kita mengetahuinya, maka kita akan mudah menentukan waktu yang tepat untuk pengamatan, dimana ikan-ikan itu sedang keluar dari persembunyian untuk mencari makan.  
A.  Pengelompokan Ikan Karang Berdasarkan Periode Aktif Mencari Makan:
contoh ikan nokturnal jenis sargocentron tiere dari family Holocentridae 
1.  Ikan  Nokturnal
     yaitu ikan yang aktif mencari makan ketika malam hari, contohnya pada ikan-ikan     dari Suku Holocentridae (Swanggi), Suku Apogoninade (Beseng), Suku Hamulidae. Priacanthidae  (Big eyes),  Muraenidae (Eels), Serani dae (Jewfish) dan beberapa dari suku dari Mullidae (goat fishes). dll

contoh ikan diurnal jenis rhinecantus verrucosus dari family  Balistidae

     2.   Ikan Diurnal 
   yaitu ikan yang aktif mencari makan ketika siang hari, contohnya pada ikan-ikan dari Suku Labraidae (wrasses), Chaetodontidae (butterfly- fishes), Pomacentridae (Damse- lfishes),Scaridae (Parrotishes), Acanthuridae (Surgeonfishes), Bleniidae (Blennies), Balistidae (triggerfishes), Pomaccanthidae (Angelfishes), Monacanthidae, Ostracionthidae (Boxfishes), etraodontidae, Canthigasteridae dan beber apa dari Mullidae (goat fishes ) 
contoh ikan crepuscular jenis gnathanodon specious dari family Carangidae 
 3.   Ikan Crepuscular  
    yaitu ikan yang aktif mencari makan baik pada siang ataupun juga malam. contohnya pada ikan-ikan dari  suku Sphyraenidae (Baracudas), Serranidae (groupers), Carangidae (Jacks), Scorpaenidae (Lionfishes), Synodontidae (Lizardfishes), Carcharhinidae, lamnidae, Spyrnidae (Sharks) dan beberapa dari Muraenidae (Eels).

B.   Pengelompokan Ikan Karang Berdasarkan Peranannya:
contoh ikan target jenis epinephelus macrospilos dari family Serranidae
     1. Ikan Target
Ikan yang merupakan target untuk penangkapan atau lebih dikenal juga dengan ikan  ekonomis penting atau ikan kosumsi seperti; Serranidae, Lutjanidae, Kyphosidae,   Lethrinidae, Acanthuri dae, Mulidae, Siganidae, Labridae (Chelinus ,   Himigymnus ,choerodon) dan Haemulidae.

contoh ikan indikator  jenis chaetodon octofasciatus dari famili Chaetodontidae 
2. Ikan Indikator
salah satu ikan mayor jenis apogon ventrifasciatus dari family Apogonidae
Sebagai ikan penentu untuk terumbu karang karena ikan ini erat hubunganya dengan kesuburan terumbu  karang yaitu ikan dari Famili Chaetodontidae (kepe-kepe). 



3. Ikan Mayor
Ikan ini umumnya dalam jumlah banyak dan banyak dijadikan ikan hias air laut (Pomacentridae, Caesionidae, Scaridae, Pomacanthidae Labridae, Apogonidae dll.)







contoh kalsifikasi jenis pterios antennata dari family Scorpaenidae
C.  Klasifikasi Ikan Karang
Philum       : Chordata
Klas          :  Osteichthyes
Ordo        : Perciformes
Family      : Contoh (Scorpaenidae)
Genus       : Contoh (Pterois)
Spesies    : Contoh ( antennata)

2 comments:

  1. kebetulan lagi cari materi tentang crepuscular :D
    kalo bisa tambahkan sumber ya ka atau referensi
    terimakasih saya dri perikanan universitas diponegoro

    ReplyDelete
  2. kebetulan lagi cari materi tentang crepuscular :D
    kalo bisa tambahkan sumber ya ka atau referensi
    terimakasih saya dri perikanan universitas diponegoro

    ReplyDelete