Selamat datang di
Regamtho Blog. setelah melihat-lihat isi dari blog ini jangan lupa tinggalkan komentar, saran atau kritik anda demi penyempurnaan blog ini kedepan..
Terima Kasih

Friday, July 6, 2012

Gambaran singkat Perairan Tahua Kecamatan Tidore Utara Kota Tidore Kepulauan


Perairan Tahua (Sebelah Utara)
        Perairan Tahua merupakan salah satu periaran yang terdapat di Kelurahan Rum Balibunga Kecamatan Tidore Utara Kota Tidore Kepulauan Propinsi Maluku Utara. Secara administrasi, Perairan Tahua merupakan bagian dari Desa Tahua Kelurahan Rum Balibunga, dengan memiliki batasan wilayah sebagai berikut :

  -       Sebelah Selatan berbatasan dengan  Kelurahan Rum
  -     Sebelah Utara dengan Kelurahan       Mafututu Kecamatan Tidore Timur
-       Sebelah Barat berbatasan dengan Perairan Ternate Kota Ternate
-       Sebelah Timur berbatasan dengan Hutan Lindung

Perumahan warga (jln menuju ke Kelurahan Mafututu Tidore Timur)
Jumlah penduduk Desa Tahua Kelurahan Rum Balibunga adalah sebanyak 141 jiwa,terdiri dari 68 laki-laki dan 73 perempuan, yang terbagi dalam 32 Kepala Keluarga. Rata-rata tiap Kepala Keluarga penduduk Desa Tahua bermata pencaharian sebagai petani.




Mata pencaharian Penduduk Desa Tahua.
No
Mata Pencaharian
Jumlah
Keterangan
1
Pegawai Negeri Sipil
-



Berdasarkan tiap-tiap Kepala Keluarga
2
TNI/Polri
-
3
Petani
27
4
Pedagang/Pengusaha
2
5
Nelayan
2
6
Tukang Kayu
1
7
Supir
-
Jumlah
32


Desa Tahua merupakan perbatasan antara Kecamatan Tidore Utara dengan Kecamatan Tidore Timur Kota Tidore Kepulauan. Perairan Tahua memiliki panjang garis pantai ± 800 meter, dengan dua tipe pantai yaitu pantai berbatu yang berada pada kedua ujung pantai dan pantai berpasir yang terdapat di tengah. Selain itu terdapat juga ekosistem padang lamun yang berada disekitar pantai berpasir.

Persiapan survei terumbu karang
 Selain terdapat ekosistem padang lamun,di perairan ini juga terdapat ekosistem terumbu karang, dimana ekosistem terumbu karang tersebut di dominasi oleh karang batu (stony corals) dan karang lunak (soft corals).
Keadaan topografi perairan Tahua pada lokasi pantai berpasir berbentuk landai dengan jarak tepi pantai dengan ekosistem terumbu karang ± 60 meter. Sedangkan pada pantai berbatu berbentuk slope dengan jarak tepi pantai dengan terumbu karang ± 10 meter
Pengukuran parameter perairan
Berdasarkan hasil pengukuran Parameter lingkungan di perairan Tahua, menunjukan bahwa salinitas berada pada kisaran 50-55 0/00, pH berkisar antara 9 – 9,2 dan suhu berkisar antara 28 – 30 °C.
semangat mendayung sahabat-sahabatku

No comments:

Post a Comment